Kematian Selalu Mengintai Kita

Kahutify.com


Ada orang yang meninggal karena sebab sakit, kecelakaan, tenggelam, kebakaran, jatuh, dibunuh, bencana alam dan lainnya.


Demikianlah setiap orang akan dihampiri dengan berbagai sebab-sebab kematian.


Dan sekiranya seorang bisa selamat dari berbagai sebab kematian diatas, Namun ia tetap tidak akan selamat dari sebab kematian masa tua dan pikun.


Rasullullah ﷺ bersabda : 


 مُثِّلَ ابْنُ آدَمَ وَإِلَى جَنْبِهِ تِسْعٌ وَتِسْعُونَ مَنِيَّةً إِنْ أَخْطَأَتْهُ الْمَنَايَا وَقَعَ فِي الْهَرَمِ حَتَّى يَمُوتَ 


​"Anak keturunan adam diciptakan sementara di sisinya (menghadang) sembilan puluh sembilan Maniyyah (sebab sebab kematian), jika selamat dari semua Maniyyah itu, maka dia pasti akan terkena penyakit tua (pikun) sampai meninggal dunia." (HR. Tirmidzi)


Oleh karena itu, karena kita tidak pernah tahu bagaimana sebab kematian kita nantinya, maka setiap orang hendaknya berusaha untuk menghadapi Maniyyah (sebab kematian) itu dalam kondisi beriman kepada Allah Ta'ala dan berbuat baik kepada manusia.


Rasullullah ﷺ bersabda:


فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُزَحْزَحَ عَنْ النَّارِ وَيُدْخَلَ الْجَنَّةَ فَلْتَأْتِهِ مَنِيَّتُهُ وَهُوَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلْيَأْتِ إِلَى النَّاسِ الَّذِي يُحِبُّ أَنْ يُؤْتَى إِلَيْهِ


​"Siapa yang ingin bebas dari Neraka dan ingin masuk ke Surga, hendaklah dia menemui Maniyyahnya (sebab kematiannya) dalam kondisi beriman kepada Allah dan hari akhirat, dan hendaklah dia bergaul kepada ummat manusia dengan etika mulia yang ia menyukainya." (HR. Muslim)


Beriman dan bertaqwa kepada Allah menjadikan seseorang mentauhidkan Allah, menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya, senantiasa mengingat akhirat, sehingga ia menjalani hidup dengan berusaha istiqomah dalam menjalankan ibadah dan amal shalih.


Sedangkan berbuat baik kepada manusia, menjadikan seseorang berkasih sayang, adil, tidak sombong, bertutur kata yang baik, berbagi, saling mendoakan, saling tolong menolong, sehingga ia mampu menjalani hidup dengan baik dan enggan mendzalimi hak-hak orang lain.


Semoga dengan demikian kita termasuk orang-orang yang beruntung dan mendapat rahmat Allah ﷻ untuk memasuki surgaNya,


Karena itu mari persiapkan bekal kematian dengan sebaik-baiknya, sehingga di manapun, kapanpun dan bagaimanapun cara Allah menutup usia kita nantinya, semoga kita dalam keadaan Husnul Khatimah.​

آمِــــــــــيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْنَ

Posting Komentar

0 Komentar