Jangan Pernah Berhenti Bertaubat

Kahutify.com


Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

والتوبة واجبة على الدوام، فإن الإنسان لا يخلو عن معصية، لو خلا عن معصية بالجوارح لم يخل عن الهم بالذنب بقلبه، وإن خلا عن ذلك، لم يخل عن وسواس الشيطان بإراد الخواطر المتفرقة المذهلة عن ذكر الله تعالى، لو خلا عنه لم يخل عن غفلة وقصور في العلم بالله تعالى وصفاته وأفعاله وكل ذلك نقص ولا يسلم أحد من هذا النقص وإنما الخلق يتفاوتون في المقادير.


"Bertaubat itu wajib untuk senantiasa dilakukan, karena manusia tidak pernah terlepas dari perbuatan maksiat.

Kalaupun dia jauh dari perbuatan maksiat yang dilakukan oleh anggota badannya, maka hal itu tidak menjadikannya terbebas dari dosa yang ada di dalam hatinya.

Kalaupun ia jauh dari perbuatan tersebut, maka hal itu tidak menjadikannya terbebas dari bisikan was-was yang ditiupkan oleh syaithan dengan adanya berbagai keinginan buruk yang melintas di benaknya, sehingga membuatnya lalai dari berdzikir kepada Allah ta'ala.

Kalaupun dia jauh dari perbuatan tersebut, maka hal itu tidak menjadikannya terbebas dari kelalaian dan kurangnya ilmu terhadap Allah, sifat-sifat-Nya serta perbuatan-perbuatan-Nya. 

Semua itu merupakan kekurangan dan tidak ada seorang pun yang selamat dari kekurangan ini, namun berbeda-beda kadarnya pada manusia. 

Sumber : Mukhtashar Minhajil al-Qashidin, (Jilid 1/hal. 251–252)

Posting Komentar

0 Komentar