Iman Kepada Malaikat

Kahutify.com

بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Materi 6 :
Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada para Malaikat berarti meyakini keberadaan para Malaikat dan kriteria mereka yang disebutkan dalam al-Qur’an dan Hadits.

Malaikat secara bahasa berarti utusan. Sedangkan Malaikat yang dimaksud dalam al-Qur’an dan sunnah adalah makhluk berakal yang Allah ﷻ ciptakan dari cahaya, tidak makan dan tidak minum, tidak bersyahwat dan tidak berketurunan.

Para Malaikat selalu taat kepada Allah , tidak pernah bermaksiat kepada-Nya dan selalu dalam kondisi beribadah serta bertasbih kepada-Nya. Jumlah Malaikat sangat banyak dan tidak ada yang mengetahui jumlahnya selain Allah.

Selain melakukan ritual peribadatan seperti shalat, shalawat atas Rasulullah , berzikir dan mengagungkan Allah , para Malaikat pada umumnya mempunyai tugas masing-masing, akan tetapi ada pula Malaikat yang hanya bertasbih saja atau sujud saja dan masih banyak lagi.

Malaikat Jibril tugas utamanya menyampaikan wahyu Allah  kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Mikail ditugaskan menurunkan hujan dari langit. Malaikat Israfil ditugaskan meniup sangkakala di hari Kiamat. Malaikat maut (malakul maut) ditugaskan mencabut nyawa manusia. Malaikat Malik ditugaskan menjaga neraka. Malaikat Munkar dan Nakir ditugaskan untuk bertanya kepada penghuni kubur. Ada Malaikat yang ditugaskan menjaga dan menulis amal-amal manusia dan ada juga Malaikat pemikul Arsy.

Para Malaikat juga mengalami kematian. Malaikat yang terakhir mati adalah Malaikat pencabut nyawa. Sedangkan Malaikat yang pertama kali dibangkitkan dari kematian adalah Malaikat peniup sangkakala.

Malaikat yang kehadirannya memberikan barokah, tidak akan masuk ke tempat yang di dalamnya terdapat patung atau anjing atau gambar makhluk hidup. Malaikat juga merasa tergganggu dengan aroma yang tidak sedap.

Para Malaikat mencintai orang-orang mukmin, memintakan ampunan kepada Allah  untuk orang-orang yang beriman dan beramal shalih, menaungi para peserta majlis zikir dengan sayap-sayap mereka, mencatat derajat pahala orang-orang yang menghadiri shalat Jum'at menurut waktu kedatangan mereka dan ikut berperang bersama pasukan kaum mukminin dalam perang-perang tertentu.

Sumber :
Kuliah Studi Islam eLSSI

Posting Komentar

0 Komentar