Apa Itu Iman?

Kahutify.com


بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Materi 2 :
Apa Itu Iman?

Iman secara bahasa berarti kepercayaan. Sedangkan secara istilah, iman (beriman) adalah meyakini kebenaran ajaran-ajaran Islam, menerima dan berkomitmen kepada syariat Islam lahir dan batin.

Iman terdiri dari tiga unsur :
  • Keyakinan hati atas ajaran-ajaran Islam
  • amal-amal hati yang ditumbuhkan oleh keyakinan tersebut, seperti ikhlas, kecintaan kepada Allah , takut kepada-Nya, tawakal dan lainnya.
  • Amal-amal shalih anggota badan seperti mengucapkan dua kalimat syahadat, semua zikir kepada Allah , shalat, puasa, haji dan lain sebagainya.

Jika salah satu dari tiga unsur iman tersebut di atas tidak ada, maka ini berarti tidak adanya iman. Dengan demikian perkataan bahwa iman hanya di dalam hati adalah salah.

Karena iman terdiri dari apa-apa yang di hati (batin) dan yang tampak (lahir) maka hanya Allah-lah yang mengetahui bobot keimanan seorang yang beriman. Adapun penilaian iman seseorang melalui atribut yang dipakainya adalah suatu kesalahan yang besar.

Rukun iman ada enam yaitu: Iman kepada Allah, Iman kepada para Malaikat, Iman kepada kitab-kitab, Iman kepada para Rasul, Iman kepada hari akhir, Iman kepada qadar (takdir) baik dan buruknya dari Allah.

Iman bisa bertambah dan berkurang. Bertambahnya iman dengan ilmu dan amal-amal shalih. Iman juga bisa berkurang dikarenakan perbuatan maksiat.

Derajat keimanan orang-orang beriman bertingkat-tingkat. Derajat iman para Rasul tidaklah sama dengan selain mereka. Demikian pula derajat iman para sahabat Nabi dibanding iman orang-orang sesudah mereka. Perbedaan kekuatan dan derajat iman di antara orang-orang yang beriman menyebabkan berbedanya derajat mereka di akhirat kelak.

Wallohu'alam.

Sumber :
Kuliah Studi Islam eLLSI

Posting Komentar

0 Komentar