Mau Jadi Pengusaha? Siapa Takut!

Poster FORMABI-KIP UIN Jakarta

Di era pandemi yang mengekang hingga rencana PPKM yang berjilid-jilid, memaksa kita untuk dapat beradaptasi dan mempertahankan dapur masing-masing untuk tetap mengepul dengan asap. Dinamika kehidupan juga menuntut kita untuk terus belajar dan berkembang melampaui batasan yang ada.

Sebuah aset akan sangat bermanfaat apabila dapat kita sirkulasikan dalam perputaran ekonomi yang aman dan ringan akan resiko, berwirausaha adalah salah satu pilihan yang dapat menjawab itu semua. Berwirausaha mempunyai beberapa karakteristik yang menonjol, di antaranya adalah:

1.Kreatif dan Inovatif

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

عَنْ عَاصِمْ بْنِ عُبَيْدِ الله عَنْ سَالِمْ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ للهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُؤْمِنَ الْمُحْتَرِفَ )أخرجه البيهقى(

Dari ‘Ashim Ibn ‘Ubaidillah dari Salim dari ayahnya, Ia berkata bahwa Rasulullah Saw. Bersabda: “Sesungguhnya Allah menykai orang mukmin yang berkarya.”(H. R. Al-Baihaqi).

Berdasarkan hadits di atas dapat disebutkan bahwa berwirausaha merupakan kemampuan dalam hal menciptakan kegiatan usaha. Kemampuan menciptakan memerlukan adanya kreativitas dan inovasi.

2. Proaktif

Suka mencari informasi yang ada hubungannya dengan dunia yang digelutinya, agar mereka tidak ketinggalan informasi sehingga segala sesuatunya dapat disikapi dengan bijak dan tepat.

keluarga atau saudara, dimana harus bisa meluangkan waktu buat mereka.

3. Keseimbangan

Hadis Anas bin Malik tentang keseimbangan hidup di dunia dan di akhirat

عَنْ أَنَسَ بْنِ مَلِكٍ قَالَ ، قَالَ رَسُلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَيْسَ بِخَيْرِكُمْ مَنْ تَرَكَ دُنْيَاهُ لآخِرَتِهِ وَلا آخِرَتُهُ لِدُنْيَاهُ حَتىَّ يُصِيْبُ مِنْهُمَا جَمِيْعًا فَإِنَّ الدُّنْيَ بَلاغٌ إِلَى الآخِرَةِ وَلاَتَكُوْنُوْا كلاَّ عَلَى النَّاس ( رواه الديلمي وابن عساكر )

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah SAW. bersabda: bukankah orang yang paling baik di antara kamu orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk mengejar akhirat atau meninggalkan akhirat untuk mengejar dunia sehingga dapat memadukan keduanya. Sesungguhnya kehidupan dunia mengantarkan kamu menuju kehidupan akhirat. Janganlah kamu menjadi beban orang lain. (H.R. Ad Dailamy dan Ibnu Asakir)

4. Trust / kejujuran

Bila belajar dari Rasulullah , yang tidak butuh lama beliau ketika masih muda menjadi salah satu pedagang sukses di Jazirah Arab pada waktu itu. Di usia 17 tahun, Muhammad muda sudah masuk kategori entrepreneur besar dengan jalur perdagangan lintas negara, atau kalau bahasa sekarang sudah bermain ekspor-impor. Selain karena keuletan dan kerja keras, modal utama kesuksesannya dalam dunia entrepreneur adalah konsistensi dalam membangun trust sehingga wajar bila Nabi Muhammad S.A.W. ketika muda akhirnya mendapatkan julukan Al-Amin (dapat dipercaya). Prinsip yang dibangun Nabi Muhammad S.A.W. ketika muda yaitu jangan sampai mendapatkan uang dari cara-cara yang bathil, seperti menipu, curang, mengurangi timbangan dan lain sebagainya.

5. Produktif dan berani mengambil resiko

Mementingkan pengeluaran yang bersifat produktif daripada yang bersifat konsumtif merupakan kunci untuk sukses. Memperhitungkan dengan teliti, dan cermat dalam memutuskan pengeluaran uang untuk hal-hal yang produktif bisa menekan kecenderungan pada hal-hal yang bersifat kemewahan, dan gengsi yang tidak menghasilkan keuntungan.

Poster FORMABI-KIP UIN Jakarta

Menilik dari urgensi dalam dakwah bil lisan untuk membantu dalam ikhtiar para calon wirausahaan muda agar dapat merintis usaha nya masing-masing dengan baik dan ideal, maka FORMABI-KIP menilai penting untuk mengadakan sebuah webinar kewirausahaan yang bertaraf nasional. Acara ini diinisiasi oleh Departemen Kewirausahaan FORMABI-KIP 2020, yang mana acara ini telah berhasil mengumpulkan peserta sebanyak 510 peserta yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat dengan daerah asal yang beragam. Webinar ini bertemakan “Strategies for Starting a Bussiness in the Pandemic Era” dengan 2 judul bahasan utamanya yaitu “Peluang dan Tantangan Berbisnis di Era Pandemi dan Pentingnya Inovasi Produk dengan Modal yang Sesuai di Era Pandemi” serta “Strategi Content dan Copywriting dalam Berbisnis di Era Pandemi dan Digital Marketing untuk Bisnis dan Karir di Era Pandemi”. Webinar ini terselenggarakan dengan khidmat dan semarak, terlihat dari antusias peserta webinar serta kegigihan para panitia dalam menyukseskannya.

Poster FORMABI-KIP UIN Jakarta

Webinar dibuka dengan penyampaian materi dari kak M. Agung Sujadi, S.Pd mengenai “Peluang dan Tantang Berbisnis di Masa Pandemi”. Penyampaian materi dibuka dengan sebuah pernyataan “Lebih baik sedikit lebih berbeda daripada sedikit lebih baik” , pernyataan ini bagaikan sebuah sihir yang mana dapat membuka pandangan dan wawasan serta tekad para calon wirausahawan untuk dapat memacu keberanian dalam bersikap dinamis dan inovatif. Kak Agung mulai menjelaskan tentang jenis model usaha yang dapat dilakukan, yaitu ada model tim dan personal.Model tim adalah model usaha yang digeluti oleh dua orang atau lebih ,model ini memiliki kelebihan yaitu minim akan resiko, dan dapat melakukan proses tukar ide dan pendapat antar mitra. Model ini pun memiliki kelemahan yaitu dominasi yang dapat menjadi kurang jelas dan rawan akan konflik internal. Untuk itu perlu dilakukan akad di awal usaha dan memperjelasnya. Selain perlu menentukan model usaha yang akan kita jalankan, kita juga perlu untuk menentukan barang yang akan kita jual nantinya serta teknik marketing apa yang akan kita gunakan. “Dalam menentukan apa yang akan kita jual, kita dapat menilik dari tren yang ada (mainstream) serta dari peluang apa yang belum tersentuh oleh kebanyakan orang (anti mainstream) yang mana keduanya dapat dijalankan sesuai dengan visi serta misi dari mitra usaha nantinya” pungkas Kak Agung. Teknik marketing perlu untuk dipikirkan, entah itu melalui digital marketing yang akan mempermudah mobilitas dan meningkatkan efisiensi ataupun dengan metode direct selling yang langsung menjemput pembeli. Teknik Marketing pun dapat mempengaruhi bagaimana dinamika usaha kita nantinya, karena teknik marketing adalah ruh dari sebuah wirausaha. Sesi pertama pun ditutup dengan pernyataan “Kamu Sudah Bisa Mulai Berdagang” yang menyiratkan pesan bahwa perlu untuk menyegerakan eksekusi dalam melakukan wirausaha.

Pada Sesi kedua, materi tentang pentingnya inovasi dalam menciptakan produk dibawakan oleh Kak Endrita. Kak Endrita menjelaskan bahwa inovasi itu perlu dilakukan dan perlu untuk dirutinkan, karena wirausaha merupakan sektor yang sangat dinamis dimana inovasi selalu diperlukan. Sebuah inovasi dapat muncul apabila research telah dilakukan. Research dapat berasal dari survei ataupun dari mendengarkan suara hati konsumen, dan pastinya kita perlu berfokus pada bagaimana konsumen membutuhkan produk kita dengan sudut pandang yang berbeda. Inspirasi dapat datang dari mana saja, bahkan kesulitan pun dapat menjadi sumber inspirasi. Selain itu, berinovasi juga membutuhkan konsultasi dan bimbingan dari berbagai pihak. Konsultasi membantu kita mencari sudut pandang yang berbeda dari biasanya sehingga inovasi dapat muncul. Inovasi juga dapat menarik minat, minat konsumen maupun minat investor nantinya. Dengan menarik minat konsumen dapat menumbuhkan dinamika usaha kita dan dengan menarik minat investor dapat membuat usaha kita menjadi lebih dinamis.

Poster FORMABI-KIP UIN Jakarta

Di materi ketiga yang membahas tentang Strategi content dan copywriting, Kak Sugeng menyampaikannya dengan baik dan apik tentang bagaimana pentingnya membuat strategi dalam berkonten mempromosikan apa yang kita wirausahakan serta manfaat dari copywriting. Strategi dalam berkonten digunakan untuk dapat mengarahkan pola pikir konsumen agar dapat tertarik dengan produk yang dipasarkan nantinya, entah secara langsung maupun secara tersirat. Konten yang kita buat juga perlu bersifat persuasif dan mempermainkan pikologis dan pola pikir konsumen seperti contoh nya dengan menyampaikan manfaat dari produk yang kita pasarkan ataupun dengan melakukan demo untuk membandingkan keunggulan produk kita dengan produk lainnya. Dengan memberikan demo dan contoh yang bersifat visual dan secara langsung dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk dapat membeli produk kita nantinya.

Selain menentukan strategi dalam berkonten, kita pun memperhatikan tentang CopyWriting.Berikut sederet manfaat copywriting :

■ Mudah Menggaet Konsumen

Berbeda dengan iklan komersial biasa, copywriting bisa membuat konsumen tidak hanya sekedar ingin membeli tapi 'harus' membeli produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan. Pasalnya, teknik pemasaran satu ini kerap dilengkapi dengan Call To Action (CTA).

CTA sendiri gunanya untuk mengarahkan konsumen melakukan hal yang diinginkan. Contoh dari CTA ini adalah tombol bertuliskan 'Beli Sekarang' atau 'Cek Sekarang' yang biasa kita jumpai ketika berbelanja online.

■ Meningkatkan Reputasi

Seorang copywriter sudah pasti tahu cara menyampaikan pesan dari perusahaan kepada konsumen dengan sangat baik dan jelas. Keahlian ini penting dimiliki seorang copywriter guna meningkatkan reputasi perusahaan. Ketika konsumen percaya pada produk atau jasa yang ditawarkan, artinya copywriting yang dibuat berhasil mengesankan konsumen. Dengan kata lain, tujuan dari copywriting tersebut telah tercapai.

■ Meningkatkan Penjualan

Reputasi perusahaan yang baik akan berdampak pada kepercayaan konsumen. Rata-rata konsumen membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa yang sudah laku keras di pasaran.

Misalnya, pelanggan sebuah e-commerce pasti akan berbelanja di toko dengan minimal rating bintang empat. Mereka juga akan mengecek ulasan dari toko tersebut. Semakin banyak ulasan bagus, peluang untuk mendapatkan peluang lebih banyak juga akan semakin besar.

Untuk menghasilkan copywriting yang bagus dan semakin menjual harus mengacu pada prinsip AIDA, yakni:

Attention (perhatian): harus bisa menarik perhatian konsumen atau audiens.

Interest (minat): bisa membuat konsumen penasaran dan tertarik.

Desire (keinginan): memengaruhi hasrat audiens.

Action (tindakan): dapat memicu tindakan atau respons dari konsumen.


Lalu pada sesi terakhir, dimana dibawakan oleh Kak Harlan yang membahas tentang pentingnya digital marketing dalam berbisnis dan karir. Kak Harlan menyampaikan bahwa digital marketing merupakan perpanjangan tangan dari apa yang membatasi kita di segmen direct selling. Sebelum menentukan langkah dan kita dalam digital marketing kita perlu untuk menklasifikasikan konsumen ke dalam beberapa segmen, mulai dari segmen tertinggi hingga terendah. Segmen ini ditentukan dengan bagaimana kemungkinan segmen tersebut dapat membeli produk kita nantinya, sehingga nantinya kita dapat menakar langkah yang akan kita ambil untuk masing-masing segmen.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Semoga Bermanfaat

Salam Muda, Salam Berkarya


Posting Komentar

0 Komentar