Langsung ke konten utama

Hikmah Penciptaan Lisan

Sekolah Via Online Makin Keren Bareng Smartfren


‘’Selalu ada kemudahan dibalik setiap kesulitan’’

Selamat pagi jiwa-jiwa optimis, masih semangatkan sampai detik ini?

Sesulit apapun kondisi kita dimasa pandemi ini, tapi ingatlah selalu ada mentari baru, setiap pagi, itu menandakan bahwa selalu ada kesempatan baru, tiap hari. Kesukaran dan segala problematika adalah sebuah anak tangga yang akan menaikkan level kita sehingga bisa lebih baik lagi kedepannya.

Mungkin kita nggk pernah membayangkan akan mengahadapi fase fase hidup seperti ini, semua berubah secara drastis, mulai dari perpolitikan, hukum, sosial, ekonomi, bahkan pendidikan. Segala hal yang biasanya kita lakukan secara offline, kini harus berganti dengan online. Mau tidak mau kita tetap harus belajar menerima semua perubahan ini, dengan terus update dan upgrade pengembangan diri. Ibaratkan sebuah seleksi, masa-masa seperti ini layaknya sebuah kompetensi yang mencari siapa yang paling kuat bertahan dan melakukan banyak inovasi.

Dalam bidang pendidikan sendiri, pandemi ini seakan menjadi sebuah formula yang mampu membawa gaya baru dalam belajar. Kegiatan Belajar Mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas, dengan segala kondisi yang hampir minim perubahan selama beberapa dekade, kini dipaksa harus bisa relevan dan mengikuti tuntutan kebutuhan. Tak mengherankan jika kemudian pemerintah menerapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh yang menjadi sebuah solusi untuk terup nonstop edukasi.

Namun kini timbul berbagai masalah baru, mengingat kondisi masyarakat yang multikultural dengan kualitas pendidikan yang beragam, maka timbulah berbagai ketimpangan. Salah satunya adalah tersedianya kuota sebagai sarana paling utama setelah smartphone agar bisa mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh.

Seperti yang kita tahu, kuota (paket internet) umumnya memiliki harga yang cenderung kurang bersahabat dengan kantong sebagian kalangan, harga yang melejit terkadang membuat enggan para orang tua untuk membelikan kuota anaknya. Namun lagi-lagi karena tuntutan kondisi, harga yang cukup mahal itu tetap harus ditebus agar anak-anak nya tetap bisa mengakses internet sehingga tidak ketinggalan pelajaran. Betapa banyak kondisi diluar sana yang mungkin lebih memprihatinkan dari situasi yang kita rasakan.

Saya pun sebagai seorang pelajar juga merasakan, ketika saya harus mengisi kuota di setiap smartphone adik-adik saya yang juga masih sekolah dibangku dasar dan menengah. Hanya saja, saya merasa cukup lebih santuy, dengan hadirnya SMARTFREN sebagai salah satu provider telekomunikasi yang memberikan harga murah dengan kuota berlimpah, ditambah lagi dukungan signal yang Full 4G membuat saya dan adik-adik anti putus nyambung terus dan tentunya makin nyaman menggunakan provider ini.

Tidak hanya itu dalam rangka mendukung program Bantuan Kuota Pembelajaran Jarah Jauh dari pemerintah, smartfren melakukan berbagai upaya untuk turut serta menyukseskan program itu salah satunya dengan memberikan bantuan kartu perdana secara gratis diberbagai sekolah dan memberikan dukungan sepenuhnya dalam membantu menyediakan kuota gratis. Nah, bantuan kuota internet dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah. Aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar dapat dicek melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

“Metodenya sederhana, cukup AKTIFKAN-DAFTARKAN-GUNAKAN, aktifkan nomernya, daftarkan nomernya melalui sekolah dan gunakan di jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G. Kami yakin kegiatan belajar dan mengajar akan berjalan optimal, baik dengan menggunakan aplikasi konferensi video, chatting, maupun telepon. Kuota yang sudah disalurkan bisa dicek dengan mudah melalui aplikasi mySmartfren maupun USSD. Semoga dukungan ini membantu seluruh pelajar, mahasiswa, guru dan dosen supaya tetap semangat untuk terus belajar walau dari jarak jauh,” ujar Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren.

Pelanggan yang telah mendapatkan bantuan Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen tersebut akan mendapatkan notifikasi SMS. Pelajar yang sudah mempunyai nomor Smartfren dapat mendaftarkan nomornya ke pihak sekolah untuk mendapatkan bantuan kuota internet tersebut. Sementara pelajar yang ingin mendapatkan nomor Smartfren, silakan menghubungi pihak sekolah atau call center Smartfren 888.

Program bantuan kuota internet dari pemerintah ini akan diberikan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah; dengan besaran kuota per bulan sebagai berikut:

  • Siswa PAUD (TK) : 5GB kuota internet all access + 15GB kuota belajar  (Total 20GB)
  • Siswa SD-SMA/setara : 5GB kuota internet all access + 30GB kuota belajar  (Total 35GB)
  • Guru : 5GB kuota internet all access + 37GB kuota belajar (Total 42GB)
  • Mahasiswa/Dosen : 5GB kuota internet all access + 45GB kuota belajar (Total 50GB)

Kesempatan untuk mendaftarkan nomor Smartfren sebagai penerima bantuan kuota internet masih terbuka. Pelajar, mahasiswa, guru dan dosen dapat mendaftarkan nomornya ke sekolah atau kampus masing-masing untuk mendapatkan bantuan kuota internet periode bulan Oktober.

Nah, gimana?

Sekolah via online kita pasti bakal makin keren kalo smartphone nya punya banyak kuota, sehingga kita bisa akses berbagai ilmu pengetahuan dan hal positif lainnya untuk menunjang pembelajran.

So, bagi kalian peserta didik atau tenaga pendidik, yuk langsung saja memanfaatkannya. Agar tugas kamu tidak terbengkalai dan bisa kirim tepat waktu. Jangan tunda lagi ya, langsung aktivasi sekarang.

Semoga Bermanfaat.

Salam Muda, Salam Berkarya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Empirisme Analitis

''Empirisme Analitis'' Teori ilmu dari kaum Empiris Analitis dibangun dengan semangat untuk mengatasi kekurangan Positivme dan Empirisme Logis dan Rasionalisme Kritis. Sekalipun demikian, menurut Wuisman, teori yang dikemukakan Empirime Analitis bukan penggabungan murni d an kedua aliran berpikir diatas, melainkan hanya  suatu penyesuaian lebih lanjut dari model penelitian ilmiah dikembangkan oleh Positivme dan EmpirismeLogis pada titik-titik yang dilontarkan terhadapnya oleh Rasionalisme Kritis. Emprisme Analitis menggambarkan proses penelitian ilmiah sebagai sebuah siklus (daur). Teori inintimbul dalam hubungan dengan usaha-usaha untuk menerapkan Positivme dan Empirisme Logis pada bidang studi social tertentu. Empirisme Analitis bermaksud menerangkan tentang apa itu pengetahuan ilmiah, bagaimana ilmu berkembang, dan metode penelitian apa yang cocok dipakai untuk mengembangkan ilmu. De Groot menyebutkan lima tahap membentuk siklus empiris dalam pengembangan pe

Hikmah Penciptaan Lisan

‘’Hikmah Penciptaan Lisan” Pernah ga sih muncul pertanyaan dalam benak kita, mengapa Allah ﷻ menciptakan lisan seseorang itu hanya satu, dan mengapa harus diletakkan di depan?. Pertanyaan ini mungkin bagi sebagian orang cukup membingungkan. Namun taukah kita, bahwa Allah ﷻ telah memberikan pesan secara tersirat dalam Al-Qur’an tentang hikmah penciptaan lisan. Lisan secara fisik diletakkan didepan bertujuan agar manusia tidak banyak membicarakan sesuatu dibelakang, juga agar manusia tidak membicarakan sesuatu yang tidak pantas didepan, sehingga meruntuhkan kehormatan dan kemuliaan dirinya. Tentunya ini menjadi nasihat dan pengingat untuk penulis dan kita semua sebagai manusia. Untuk itulah kemudian Allah ﷻ menurunkan beragam ayat yang mengisyaratkan pesan dan hikmah yang mulia ini. Salah satunya Allah ﷻ terangkan dalam Al-Qur’an surah ke 49, Al-Hujurat ayat 11 - 12, sebagai berikut; QS Al-Hujurat : 11 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْن

Uji Coba Smartfren 5G Bersama Kominfo, Kecepatannya Bikin Melongo

  Mengenal jaringan 5G Dilansir dari situs Cisco.com, 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima. Ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel. Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Pengguna seluler dapat tetap terhubung saat mereka berpindah antara koneksi nirkabel luar ruang dan jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa campur tangan pengguna atau pengguna perlu mengautentikasi ulang. Lalu Bagaimana cara kerja teknologi 5G? Teknologi 5G akan memperkenalkan kemajuan di seluruh arsitektur jaringan. Radio Baru 5G, standar global untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang lebih mampu, akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G. Keuntungan menggunakan jaringan 5G Dilansir dari instagram @smartfrenworld, ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan jaringan 5G, diantaranya : 1. Koneksi internet 100x lebih cepa