Langsung ke konten utama

Hikmah Penciptaan Lisan

'Urf sebagai Sumber Hukum dalam Islam

'Urf sebagai Sumber Hukum dalam Islam


1.      Pengertian ‘Urf

Kata urf berasal dari kata arafa ya’rifu sering di artikan dengan al-ma’ruf dengan arti sesuatu yang dikenal. Menurut istilah ialah segala sesuatu yang telah dikenal dan menjadi kebiasaan manusia baik berupa ucapan, perbuatan atau tidakmelakukan sesuatu.
Sebagian Ushuliyyin, seperti Al-Nafasidari kalangan Hanafi, Ibnu Abidin,Al-Rahawi dalam Syarah kitab Al-Mannar dan Ibnu Ujaim dalam kitab Al-Aisbah wa al-Nazhair berpendapat bahwa urf sama dengan adat tidak ada perbedaan antara keduanya. Namun sebagian Ushuliyyin, seperti Ibnu Humamdan al-Bazdawi membedakan antara adat dengan urf dalam membahas kedudukannyasebagaisalah satu dalil untuk menetapkan hukum syara’. Adat didefinisikan sebagai sesuatu yang dikerjakan berulang-ulang tanpa adanya hubungan rasional. Sedangkan ‘urf ialah kebiasaan mayoritas kaum,baik dalam perkataan atau perbuatan. Dalam pengertianini adat lebih luas daripada urf. Adat mencakup seluruh jenis ‘urf. Tetapitidak sebaliknya. Kebiasaan individu-individu atau kelompok tertentu dalam makan, berpakaian, tidur dan sebagainya dinamakan adat tidak dikatakan ‘urf. Tetapi, dari sisi yang lain, urf lebih umum daripada adat, sebab adat hanya menyangkut perbuatan , sedangkan ‘urf menyangkut perbuatan dan ucapan sekaligus.
Dari adanya ketentuan bahwa ‘urf atau adat itu sesuatu yang harus dikenali, diakui, dan diterima oleh orang banyak, terlihat ada kemiripannya dengan ijma’. Namun antara keduanya terdapat beberapa perbedaaan yang di antaranya adalah sebagai berikut:
1.      Dari segi ruang lingkupnya, ijma’ harus diterima semua pihak.  Sedangkan ‘urf atau adat sudah dapat tercapai bila ia telah dilakukan dan dikenal oleh sebagian orang saja.
2.      Ijma’ adalah kesepakatan (penerimaan) di antara orang-orang tertentu, yaitu para mujtahid, dan yang bukan mujtahid tidak diperhitungkan kepakatan ataupun penolakannya. Sedangkan ‘urf  atau adat yang mengakui adalah seluruh lapisan manusia baik mujtahid atau bukan.
3.      ‘Urf atau adat itu dapat mengalami perubahan karena berubahnya orang-orang yang menjadi bagian dari umat itu. Sedangkan ijma’ tidak akan mengalami perubahan.

2.      Macam – Macam ‘Urf

Para Ulama Ushul fiqih membagi ‘urf dalam tiga macam:
1.      Dari segi objeknya, ‘urf di bagi dalam al-urf al-lafdzi (kebiasaan yang menyangkut ungkapan) dan al-‘urf al-amali (kebiasaan yang berbentuk perbuatan).
a.       Al-urf al-lafdzi adalah kebiasaan masyarakat dalam mempergunakan lafal atau ungkapan tertentu untuk mengungkapkan sesuatu, sehingga makna ungkapan itulah yang dipahami dan terlintas dalampikiran masyarakat. Misalnya, ungkapan daging yang berarti daging sapi; padahal kata daging mencakup seluruh daging yang ada. Apabila seorang mendatangi penjual daging, saya beli daging satu kilogram pedagang itu langsung mengambilkan daging sapi, karena kebiasaan masyarakat setempat yang mengkhususkan penggunaan kata daging pada daging sapi.
b.      Al-‘urf al-amali adalah kebiasaan masyarakat yang berkaitan dengan perbuatan biasa atau muamalah keperdataan. Yang dimaksud perbuatan biasa  adalah perbuatan masyarakat dalam masalah kehidupan mereka yang tidak t orang lain, sepertikebiasaan libur kerja pada hari-hari tertentudalam satu minggu, kebiasaan masyarakat tertentu memakan makanan khusus atau meminum minuman tertentu dan kebiasaan masyarakat dalam memakai pakaian tertentudalamacara khusus..
2.      Dari segi cakupannya,urf di bagi dua, yaitu al-urf al-‘am (kebiasaan yang bersifat umum) dan al-urf al-khas (kebiasaan yang besifat khusus).
a.       Al-urf al-am, adalah kebiasaan tertentu yang berlaku secara luas di seluruh daerah. Misalnya dalam jual beli mobil, seluruh alat yang diperlukan untuk memperbaiki mobil,seperti kunci,tang, dongkrak, dan ban serep termasuk dalamharga jual, tanpa akad sendiri,dan biaya tambahan. Contoh lain adalah kebiasaan yang berlaku bahwa berat barang bawaan bagi penumpang pesawat terbang adalah dua puluh kilogram.
b.      Al-‘urf al-khas, adalah kebiasaan yang berlaku di daerah dan masyarakat tertentu. Misalnya, dikalangan para pedagang apabila terdapat cacat tertentu padabarang yang dibeli dapat dikembalikan, sedangkan untuk cacat lainnya dalam barang itu, tidak dapat dikembalikan. Atau juga kebiasaan mengenai penentuan masagaransi terhadap barang tertentu. Contoh lain adalah kebiasaan yang berlaku d kalangan pengacara hukum bahwa jasa pembelaan hukum yang akan dia lakukan harus di bayar duluoleh kliennya. Urf al-khas seperti ini,menurut Mustafa Ahmad Al-Zarqa, tidak terhitung jumlahnya dan senantiasa berkembang sesuai perubahan  situasi dan kondisi masyarakat.
3.      Dari segi keabsahannya dari pandangan syara’,’urf terbagidua yaitu al-‘urfal shahih (kebiasaan yang di anggap sah) dan al-‘urf  al-fasid (kebiasaan yang dianggap rusak).
a.       Al-‘urf al shahih, adalah kebiasaan yang tidak bertentangan dengan nash (ayat atau hadist) tidak menghilangkan kemaslahatan mereka, dan tidak pula membawa madarat bagi mereka. Misalnya, dalam terkait dengan kepentingan masa pertunangan pihak laki-laki memberikan hadiah kepada pihak wanita dan hadiah ini di anggapsebagaimas kawin.
b.      Al-‘urf al-fasid, adalah kebiasaan yang beretentangan dengan dalil-dalil syara’ dan kaidah-kaidah dasar yang ada dalam syara’.
Misalnya, kebiasaan menghalalkan riba,sepertipeminjam uang antara sesama pedagang. Uang yang dipinjam sebesar sepuluh juta rupiah dalam tempo satu bulan harus di bayar sebanyak sebelas juta rupiah apabila jatuh tempo, dengan perhitungan bunganya 10%. Dilihat dari segi keuntungan yang diraih peminjam, penambahan utang sebanyak 10% tidaklah memberatkan, karena keuntngan sepuluh juta rupiah tersebut mungkin melebihi bunganya yang 10%. Akan tetapi, praktek seperti ini bukanlah kebiasaan yang bersifat tolong menolong dalam pandangan syara’, karena pertukaran barang sejenis, menurut syara’ tidak boleh saling melebihi (HR. Al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad Ibnu Hanbal). Selain itu praktek seperti ini adalah praktek peminjaman yang berlaku di jaman jahiliyyah, yang dikenal dengan sebutan ribal-nasi’ah (riba yang muncul dari utang piutang). Oleh sebab itu, kebiasaan seperti ini,menurut ulama ushul fiqih termasuk dalam kategori al-‘urf al-fasid.


3.      Kehujjahan ‘Urf

Ada beberapa argumentasi yang menjadi alasan para ulama berhjjah dengan ‘urf danmenjadikannya sebagai sumber hukum fiqih,yaitu:
1.      Firman Allah yang mengartikan sebagai berikut
Artinya:
Jadilah Engkau Pema'af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.
Yang menurut Al-Qarafy bahwa setiap yang diakui adat, ditetapkanhukum menurutnya,karena zohir ayat ini.
2.      Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Abdullah bin Mas’ud :
مَارَاهُالمسلمُونَحَسَنًافَهُوَعندَاللهاَمْرٌحَسَنٌ.
Yang menunjukkan bahwa hal-hal yang sudah berlaku menurut adat kaum muslimin dan di pandangnya baik adalah pula baik disisi Allah.
3.      Sabda Nabi Muhammad SAW kepada Hindun istri Abi Sufyan ketika iamengadukan suaminya kepada Nabi bahwa suaminya bakhil memberi nafkah:
. خذى من مال ابىسفيانمايليكوولدَكِ بالمعروف
(ambil dari harta Abu Sufyan secukup keperluanmu dan anakmu menurut ‘urf).
Al Qurthuby mengomentari bahwa dalam hadis ini terdpat ‘urf dalam penetapan hukum.
4.      Dilakukannya kebiasaan manusia terhadap suatu hal menunjukkan bahwa dengan melakukannya, mereka akan memperoleh maslahat atau terhindar dari mafsadat.
Sedang maslahat ada dalil syar’i sebagaimana menghilangkan kesusahan merupakan tujuan syara’.
Adapun alasan ulama yang memakai ‘urf dalam menentukan ‘urf antara lain:
1.      Banyak Hukum Syari’at, yang ternyata sebelumnya telah merupakan kebiasaan orang Arab, seperti adanya wali dalam pernikahan dan susunan keluarga dalam pembagian waris.
2.      Banyak kebiasaan orang Arab, baik berbentuk lafaz maupun perbuatan, ternyata dijadikan pedoman sampai sekarang.
Secara umum ‘urf itu di amalkan oleh semua ulama fiqh terutama dikalangan ulama madzhab Hanafiyah dab Malikiyah.
Ulama’ Hanafiyah menggunakan istihsan dalam berijtihad dan salah satu bentuk istihsan itu adalah istihsan al ‘urf (istihsan yang menyandar pada ‘urf). Oleh ulama’ Hanafiyah, ‘urf itu di dahulukan atas qiyas kahfi khafi dan juga di dahulukan atas nash yang umun, dalam arti umum, dalam arti ‘urf itu men-takhsis umum nash.
Ulama Malikiyah menjadikan ‘urf atau tradisi yang hidup dikalangan ahli Madinah sebagai dasar dalam menetapkan hukum dan mendahulukannya dari hadist ahad.

Ulama’ Syafi’iyah banyak menggunakan ‘urf dalam hal-hal tidak menemukan ketentuan batansannya dalam syara’ maupun dalam penggunaan bahasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Empirisme Analitis

''Empirisme Analitis'' Teori ilmu dari kaum Empiris Analitis dibangun dengan semangat untuk mengatasi kekurangan Positivme dan Empirisme Logis dan Rasionalisme Kritis. Sekalipun demikian, menurut Wuisman, teori yang dikemukakan Empirime Analitis bukan penggabungan murni d an kedua aliran berpikir diatas, melainkan hanya  suatu penyesuaian lebih lanjut dari model penelitian ilmiah dikembangkan oleh Positivme dan EmpirismeLogis pada titik-titik yang dilontarkan terhadapnya oleh Rasionalisme Kritis. Emprisme Analitis menggambarkan proses penelitian ilmiah sebagai sebuah siklus (daur). Teori inintimbul dalam hubungan dengan usaha-usaha untuk menerapkan Positivme dan Empirisme Logis pada bidang studi social tertentu. Empirisme Analitis bermaksud menerangkan tentang apa itu pengetahuan ilmiah, bagaimana ilmu berkembang, dan metode penelitian apa yang cocok dipakai untuk mengembangkan ilmu. De Groot menyebutkan lima tahap membentuk siklus empiris dalam pengembangan pe

Hikmah Penciptaan Lisan

‘’Hikmah Penciptaan Lisan” Pernah ga sih muncul pertanyaan dalam benak kita, mengapa Allah ﷻ menciptakan lisan seseorang itu hanya satu, dan mengapa harus diletakkan di depan?. Pertanyaan ini mungkin bagi sebagian orang cukup membingungkan. Namun taukah kita, bahwa Allah ﷻ telah memberikan pesan secara tersirat dalam Al-Qur’an tentang hikmah penciptaan lisan. Lisan secara fisik diletakkan didepan bertujuan agar manusia tidak banyak membicarakan sesuatu dibelakang, juga agar manusia tidak membicarakan sesuatu yang tidak pantas didepan, sehingga meruntuhkan kehormatan dan kemuliaan dirinya. Tentunya ini menjadi nasihat dan pengingat untuk penulis dan kita semua sebagai manusia. Untuk itulah kemudian Allah ﷻ menurunkan beragam ayat yang mengisyaratkan pesan dan hikmah yang mulia ini. Salah satunya Allah ﷻ terangkan dalam Al-Qur’an surah ke 49, Al-Hujurat ayat 11 - 12, sebagai berikut; QS Al-Hujurat : 11 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْن

Uji Coba Smartfren 5G Bersama Kominfo, Kecepatannya Bikin Melongo

  Mengenal jaringan 5G Dilansir dari situs Cisco.com, 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima. Ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel. Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Pengguna seluler dapat tetap terhubung saat mereka berpindah antara koneksi nirkabel luar ruang dan jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa campur tangan pengguna atau pengguna perlu mengautentikasi ulang. Lalu Bagaimana cara kerja teknologi 5G? Teknologi 5G akan memperkenalkan kemajuan di seluruh arsitektur jaringan. Radio Baru 5G, standar global untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang lebih mampu, akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G. Keuntungan menggunakan jaringan 5G Dilansir dari instagram @smartfrenworld, ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan jaringan 5G, diantaranya : 1. Koneksi internet 100x lebih cepa